Minggu, 10 Februari 2013

Sony Xperia V, Smartphone Buat yang Suka Basah-basahan



Meski begitu, spesifikasi yang dimilikinya tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab Sony juga menyematkan sejumlah kemampuan yang biasa terbenam pada ponsel kelas high-end.

Penasaran 'dunia luar' seperti apa yang sanggup dihadapi oleh Xperia V. Yuk, simak hands-on yang dilakukan detikINET pada seri Xperia terbaru tersebut.





1. Tahan Air & Debu

Kebanyakan produk smartphone pasti selalu menonjolkan spesifikasi tinggi yang diusungnya sebagai kelebihannya. Selain itu fitur-fitur yang dimiliki pun tak lupa dijadikan sebagai daya tarik.

Hal berbeda justru ditawarkan oleh Xperia V, karena Sony tidak hanya menonjolkan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, namun juga kemampuannya yang tahan air dan debu.

Kelebihan tersebut pun langsung dibuktikan oleh Ika Paramita selaku Marketing Manager Sony Mobile Indonesia di Bloeming, FX Plaza, Jakarta, Selasa (5/2/2013). Olehnya, Xperia V dicelupkan ke dalam sebuah wadah berisi air.

"Xperia V memiliki kemampuan waterproof pada kedalaman air 1 meter selama 30 menit," tutur Ika.

Dengan kemampuan tersebut, pengguna yang mengalami musibah banjir sepertinya tidak perlu khawatir bila Xperia V miliknya basah oleh air atau bila tak sengaja tercebur.


2. Kamera Underwater

Berkat kemampuannya yang sanggup beroperasi pada kedalaman air, rasanya masih masuk akal bila kamera yang diusung Xperia V digunakan sebagai kamera underwater.

Tentu saja harus mengikuti rekomendasi yang disarankan Sony dalam penggunaannya, yakni cuma diperbolehkan di kedalaman air 1 meter selama maksimal 30 menit.

Sayangnya, tidak disarankan menggunakan Xperia V pada kedalaman air laut, karena dikhawatirkan efek korosi yang diberikan air laut dapat mengakibatkan kerusakan.
Jadi bagi pengguna yang ingin membawa Xperia V menggantikan fungsi kamera underwater untuk mengambil moment pribadi saat aktivitas snorkling sepertinya tidak dianjurkan.

Meski begitu, tidak salah bila Xperia V digunakan untuk mengambil gambar di tempat wisata air, karena seperti diketahui tempat wisata air kebanyakan menggunakan air tawar.

 

3. Spesifikasi Mumpuni

Xperia V dipersenjatai oleh Sony dengan spesifikasi yang tak bisa dianggap remeh. Sebab seperti saudara terdekatnya, Xperia TX, ponsel tahan air tersebut memiliki spesifikasi yang mirip.

Perbedaan hanya terletak pada prosesor yang diusungnya yakni Qualcomm dual core MSM8960 1,5 GHz.

Sedangkan spesifikasi lainnya memiliki kesamaan yakni RAM 1 GB, internal memory 16 GB, layar TFT anti gores 16 juta warna berukuran 4,55 inch dengan resolusi 1280x720 pixel yang diklaim tampil cerah dan memukau berkat Bravia Engine.

Bagian kamera, Xperia V juga dipersenjatai kamera 13 MP dengan kemampuan merekam video 1080p. Untuk kamera depan, Sony cukup mempersenjatainya dengan kamera 1,3 MP guna mendukung video call.

Sedangkan untuk penopang dayanya, Xperia V ditenagai oleh baterai dengan kapasitas 1750 mAh.

4. Rutinitas Outdoor

Kelebihannya yang tahan-air dan debu tentunya sangat mendukung bila digunakan oleh pengguna yang sering melakukan rutinitas di luar ruangan.

Semisal engineer konstruksi bangunan yang sehari-harinya kerap berada di lapangan, yang tentunya debu atau cipratan air adalah hal yang biasa ditemui.

Meski tidak seperti extreme phone yang memang khusus dibuat untuk menghadapi kondisi ekstrem, Xperia V justru lebih mengarah pada pengguna yang sering berada pada lokasi kerja berdebu dan juga becek, namun tetap menginginkan smartphone berpenampilan elegan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar